FUNGSI jembatan bukan lagi sekadar penghubung sebuah daerah, tetapi telah menjadi ikon sebuah kota. Kali ini, kami mengenalkan kepada Anda mengenai jembatan yang terbesar dan terbaik di dunia dengan struktur dan desain yang unik.

1. Rainbow Bridge (Tokyo, Jepang)

Sesuai dengan namanya, jembatan ini selalu berubah warna lampunya di malam hari. Rainbow bridge berada tepat diatas pelabuhan laut Tokyo yang menghubungkan dua kawasan hiburan populer, Odaiba dan Minato-ku.

Dengan delapan jalur lalu lintas, dua jalur rel, trotoar khusus pejalan kaki, dan menara pemancar, jembatan gantung terbesar di dunia tersebut telah muncul dalam beberapa film, termasuk Lost in Translation dan Kill Bill Vol.1.

2. Chapel bridge (Lucerne, Swiss)

Menjadi daya tarik karena jembatan yang terbuat dari kayu tersebut paling terkenal di Lucerne. Jembatan yang menggunakan atap tersebut, pada awalnya memang berfungsi sebagai ruang penyiksaan, menara pengawas dan ruang penyimpanan uang.

Wisatawan yang berjalan didalamnya dapat melihat lukisan-lukisan yang sengaja dipasang sepanjang jembatan. Kesemua lukisan tersebut menggambarkan berbagai peristiwa dalam sejarah kota atau bagi Anda yang tidak menyukai lukisan, dapat menggunakan jembatan sebagai alat untuk menyeberangi sungai Reuss.

3. Tower Bridge (London, Inggris)

Objek wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berada di kota London adalah jembatan terkenal di atas Sungai Thames. Pembangunannya yang mencapai delapan tahun dengan lima kontraktor ternama dan 432 pekerja, jembatan bersejarah ini merupakan sebuah hasil karya seni. Dari seluruh jembatan yang ada di Inggris, Tower Bridge merupakan yang terbesar dan terkuat.

4. Brooklyn Bridge (New York)

Jembatan ini rupanya memegang banyak pengalaman di awal-awal berdirinya. Salah satunya adalah termasuk menjadi jembatan gantung pertama yang pernah menggunakan kabel baja untuk pengganti kawat dan yang pertama menggunakan bahan peledal dala, sebuah perangkat bawah air yang dikenal sebagai Caisson.

Ketika pertama kali diresmikan, jembatan tersebut menjadi yang paling terpanjang di dunia, dan sampai hari ini, menjadi jembatan kedua tersibuk di kota New York dengan 144.000 kendaraan yang lalu lalang setiap harinya.

5. Confederation Bridge (New Brunswick, Kanada)

Menghubungkan pulau Prince Edward dan New Brunswick, jembatan ini merupakan salah satu jembatan terpanjang di dunia yang ditutupi oleh es di atas air. Ketika dibangun, jembatan yang telah dirancang selama satu abad itu telah banyak memenangkan penghargaan Internasional.

Sangking populernya jembatan tersebut, jumlah wisatawan secara signifikan semakin meningkat sejak pembukaanya pada 31 Mei 1997.

6. Magdeburg Water Bridge (Magdeburg, Jerman)

Berada tepat di atas sungai Elbe, jembatan dengan panjang 918 meter ini juga dijadikan saluran air di Jerman. Diselesaikan pada bulan Oktober 2003, jembatan menghubungkan kanal Elbe ke kanal Mittelland.

7. Sydney Harbour Bridge (Sidney, Australia)

Sempat memecahkan rekor atraksi di dunia, jembatan tersebut menjadi salah satu yang terpanjang di dunia dengan lengkungan baja tertinggi.

Ada sejumlah cara berbeda yang dapat dilalukan oleh pengunjung agar dapat naik ke atas jembatan, termasuk the Discovery Climb yang memakan waktu 3,5 jam untuk bisa berada di atas puncak jembatan.

About these ads