HIDUP dalam kemewahan sudah biasa bagi selebriti kelas dunia. Mobil-mobil super mewah pun berjejer di garasi seperti Bugatti Veyron yang harganya bisa mencapai USD2 juta atau sekira Rp18,465 miliar per unit.


Memiliki mobil super mewah tentu juga boros bahan bakar dan yang pasti semakin banyak emisi karbondioksida (CO2) yang dilepaskan ke udara. Seperti mobil-mobil super mewah Phantom Drophead Coupe yang dimiliki artis berdarah Inggris, Simon Cowell.

Sebuah perusahaan penyewaan kendaraan terbesar di Inggris, City Car Club melakukan survei terhadap selebriti dunia yang memiliki mobil beremisi tinggi. Data yang dirilis situs automotif Inggris What Car, menempatkan Cowell sebagai public figure yang koleksi mobilnya paling besar menyumbang polusi CO2. Dari tiga mobil super mewah yang dimilikinya, rata-rata emisi CO2 yang dihasilkan sebesar 457 gr/km.

Berikut 10 selebriti dunia yang menyumbang emisi CO2 paling besar:

Simon Cowell, pengusaha pemilik perusahaan rekaman Artists and Repertoire (A&R) Inggris ini mengoleksi Bugati Veyron, Ferrari F430, dan Roll Royce Phantom di garasinya. Keseluruh mobil super mewah tersebut menghasilkan rata-rata emisi CO2 sebesar 457 gr/km. Phantom merupakan mobil paling tinggi polusinya dengan 574 gr/km.

Di posisi ke dua terdapat nama Jay Kay. Artis kelahiran Inggris 1969 ini dikenal sebagai musisi aliran Funk. Dari hasil manggungnya, ia membeli Bentley S1 Continental, Ferrari Enzo, dan Rolls Royce Phantom. Seluruh mobil super mewah tersebut menyumbang emisi CO2 rata-rata sebesar 444 gr/km.

Tidak hanya musisi atau pengusaha yang senang mobil mewah, pemain sepak bola pun ikut mengoleksi mobil yang harganya bisa mencapai jutaan dolar AS tersebut, seperti David Beckham. Bentley Arnage, Bentley Continental GT, Hummer H2, dan Lamborghini Gallardo, yang dimiliki pemain sepak bola yang saat ini merumput bersama klub Los Angeles Galaxy ini, menyumbang rata-rata emisi CO2 sebesar 421 gr/km.

Masih ingat dengan Mr. Been dengan mobil Cooper-nya. Ternyata, penampilan sederhana yang biasa ia tunjukkan lewat film-filmnya tidak berlaku di dunia nyata. Komedian bernama lengkap Rowan Sebastian Atkinson ini ternyata memiliki Aston Martin DB7 Vantage, Audi A8, dan Bugatti Veyron. Rata-rata emisi yang dihasilkannya mencapai 398 gr/km sekaligus menempatkannya di posisi keempat.

Selanjutnya bertengger nama 50 Cent atau Curtis James Jackson III. Sosoknya dikenal dengan artis Rapper kelahiran New York 1975. Dua mobil super emwah yang dimilikinya menempatkannya di posisi kelima dengan 394,5 gr/km. ia memiliki Hummer H2 dan Roll Royce Phantom.

Pemain sepak bola asal klub Inggris Manchester United, Rio Ferdinand berada di posisi selanjutnya dengan rata-rata emisi CO2 koleksi 4 mobil mewahnya sebesar 379 gr/km. Ia memiliki Bentley Arnage, Bentley Continental, BMW X5, dan Cadillac Escalade.

Berikutnya rekan seprofesi Rio, yaitu Steven George Gerrard. Pemain sepak bola yang kini memperkuat klub Liverpool ini memiliki Aston Martin Vanquish, Bentley Continental, BMW X5, dan Porsche 911 Turbo. Keempat mobil tersebut menghasilkan emisi rata-rata 361 gr/km.

Giliran presenter dan penulis kenamaan Inggris, Kerry Katona. Katona yang juga istri personel boyband Westlife, Brian McFadden ini membeli Aston Martin Vantage, Lamborghini Gallardo, Porsche 911 Turbo, dan Range Rover. Meski memiliki 4 mobil mewah, rata-rata emisi CO2-nya menempatkan di posisi kedelapan dengan 359,5 gr/km.

Peringkat kesembilan ditempati pemain sepak bola Manchester United, Wayne Rooney. Saat ini, ia mengoleksi Aston Martin Vanquish, BMW X5, Mercedes CLK, dan Porsche 911 Turbo yang rata-rata emisinya sebesar 308 gr/km.

Di posisi terakhir terdapat seorang aktor dan penyanyi Justine Timberlake. Artis kelahiran Memphis Tenneesee, AS ini memiliki Audi TT, Jeep Wrangler, dan Range Rover yang membuang rata-rata emisi CO2 sebesar 287 gr/km.
(ton)

sumber : http://www.okezone.com